8 Skema Cara Memasang Tweeter Walet yang Benar

Merencanakan setiap tahapan dalam proses membangun rumah walet yang ideal, baik dan terencana sangat penting. Hal ini akan menjadi investasi tersendiri dimasa depan demi kesuksesan bisnis usaha ternak walet yang kita tekuni.

 

Salah satu hal penting yang patut diketahui adalah proses cara memasang tweeter walet yang benar, baik dan aman. Kalau urusan memasang twiter seperti biasanya dalam sound system tentu sudah banyak yang tahu, namun penggunaan tweeter walet beda dari biasanya.

Proses pemasangan tweeter walet

Pemasangan tweeter disini adalah untuk menarik perhatian burung walet, oleh sebab itu perlu diperhatikan posisi yang strategis dan instalasi yang baik. Diantaranya adalah memperhatikan skema tweeter walet yang benar sehingga akan menghasilkan output audio berkualitas dan dapat berfungsi maksimal.

Kesalahan dalam pasang tweeter walet dapat berdampak buruk pada kelangsungan rumah walet itu sendiri, tidak akan dapat berhasil menarik perhatian burung walet. Dalam jangka panjang juga akan dapat merusak instalasi tweeter tersebut, atau menyebabkan hubungan pendek arus listrik.

Oleh sebab itu akan kita bahas secara ringkas mengenai langkah-langkah pemasangan tweeter beserta penggunaan kabel speaker walet yang baik sehingga akan tepat guna.

Secara ringkas, berikut poin penting dalam memasang twiter walet:

  1. Posisi atau penempatan tweeter walet yang tepat
  2. Penggunaan kabel untuk instalasi yang baik, karena akan digunakan untuk audio maka hendaknya memiliki kabel audio dengan kualitas mumpuni
  3. Memperhatikan instalasi kabel-kabel jangan sampai membahayakan misalnya bersentuhan kabel positif dan negatif karena di masa depan dapat saja mengelupas dan menyebabkan korsleting
  4. Penggunaan mesin amplifier yang memadai, sebaiknya memiliki daya yang sesuai dengan tweeter yang digunakan
  5. Penggunaan suara walet yang cocok dan baik, termasuk suara panggil, suara inap, dan suara tarik walet

Sebenarnya secara rinci dapat dibahas menjadi sangat panjang, namun pada intinya hal penting yang harus diperhatikan adalah sebagai ulasan diatas. Tentunya kita dapat mengetahui secara langsung setelah melihat kondisi di lapangan.

Penempatan tweeter walet yang baik:

  • Tweeter panggil, ditempatkan disebelah kiri dan kanan rumah walet dengan posisi corong menghadap keluar.  Jumlah tweeter panggil walet yang baik antara 2-4 buah tweeter
  • Tweeter tarik, tweeter ini dimaksudkan untuk menarik perhatian burung walet yang sudah masuk di lantai atas, agar turun  ke lantai bawah. Tweeter tarik ditempatkan pada bagian void dan bagian belakang ruang inap, dengan posisi menghadap tweeter panggil yang ada di bagian atas
  • Tweeter inap, ini adalah tweeter penting supaya burung walet menginap dalam rbw. Dengan pemasangan non stop selama 24 jam maka patut diperhatikan pula kekuatan dari amplifier yang digunakan, pastikan mesin amplifier mendapatkan pendinginan yang cukup. Bisa menambahkan kipas kecil atau sirip aluminium untuk mendinginkan power amplifier. Pemasangan tweeter inap dapat menggunakan sistem selang seling, yang paling penting adalah diusahakan supaya suara tweeter inap dapat merata ke seluruh rumah walet sehingga burung walet akan menginap dan membuat sarang merata.

Demikian beberapa poin penting dalam inslatasi tweeter walet, sebenarnya masih ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan. Misalnya sistem pemasangan tweeter walet secara paralel dan seri, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Selengkapnya akan kita bahas dalam pertemuan mendatang, mungkin dengan beberapa tips menarik lainnya.

Leave a Reply