Alat Pendingin Rumah Walet agar Suhu Ideal dan Kelembaban Stabil

Mencari alat pendingin rumah walet untuk menurunkan suhu ruangan dalam gedung walet sehingga menjadi dingin dan lembab memang tidak mudah, bukan tidak mungkin dengan alat tersebut akan menjadikan burung walet makin betah tinggal di rbw kita sehingga cepat menginap dan mengoles sarang. Banyak yang memberikan tips supaya rumah walet lembab dan temperatur dingin, salah satunya adalah dengan membuat alat untuk menjaga kelembaban rumah walet agar tetap stabil, bukan dengan sesuatu yang rumit namun semua dapat dilakukan sendiri dan mudah dibuat.

Sebagian dari kita mungkin sudah sering melakukan upaya menurunkan suhu rumah walet dengan bantuan air yang menggenang dibawah rbw atau biasa pula dibuatkan kolam dengan lebar dan panjang yang disesuaikan dengan rbw. Maka tidak heran kalau cara tersebut juga banyak dilakukan dan terbukti memberikan efek yang cukup baik untuk kelangsungan rbw yang kita bangun.

Namun ada pula cara lain yang lebih modern dan tentunya dapat digunakan untuk mengatur suhu rumah walet seperti yang diinginkan. Tidak terlalu panas namun dingin dan kelembaban dapat dijaga dengan stabil.

Berikut beberapa alat yang dapat digunakan sebagai alternatif menjaga suhu rbw tetap dingin:

  1. Dengan menggunakan air conditioner (AC)
  2. Dengan memasang mesin kabut khusus rumah walet
  3. Dengan membangun tampungan air merata  di dalam rbw
  4. Menggunakan terpal atau ember besar yang dipasang dalam rumah walet

Beberapa cara menurunkan suhu dalam rumah walet tersebut diatas umumnya digunakan dan cukup efektif, namun ada beberapa penyempurnaan yang mungkin akan memberikan kesan lebih baik dari apa yang patut kita lakukan sehingga semua kembali seperti apa yang diinginkan. Diantaranya menyempurnakan bangunan rbw dan bagaimana kita menjaga suhu tetap dingin seperti habitat asli burung walet. Ini akan memungkinkan walet betah dan lebih produktif sehingga mampu menghasilkan sarang yang berkualitas dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan lebih besar seperti yang kita harapkan.

Salah satu yang dapat digunakan untuk pendingin rumah walet adalah AC, dari sisi ekonomis jelas memerlukan biaya tambahan antara lain untuk keperluan instalasi listrik yang memadai, namun kita dapat menentukan besarnya temperatur dalam rumah walet dengan tetap stabil sehingga tidak perlu pusing akan berubahnya suhu yang tidak beraturan. Namun memasang AC perlu juga untuk menambahkan unsur yang akan memberikan kelembaban karena AC sifatnya kering.

Mesin kabut, ini juga cukup bagus karena dapat memberikan suhu yang dingin sekaligus lembab, suarawalet.id sangat menyarankan alat ini kalau Anda memiliki cukup modal sehingga tidak perlu khawatir akan gangguan lain yang patut diwaspadai.

Yang paling banyak digunakan adalah kolam air dan tampungan air yang dipasang di dalam rbw dan berada di sekeliling lantai-lantai rbw, bertujuan untuk memberikan suhu dingin dan lembab layaknya di goa-goa dimana walet tinggal.

Dari beberapa cara diatas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat kita pilih sesuai selera dan kemampuan. Apakah kita menginginkan yang efektif dan praktis atau kita ingin memulai dengan yang alami dan mendasar namun minim biaya. Tentu kita harus bijak dalam memilih karena pemeliharaan dan perawatan pemilik rbw menjadi sangat penting selain usaha yang kita lakukan dalam membangun rbw itu sendiri. Sehingga hasil yang dapat dirasakan pada akhirnya akan kita nikmati dengan seksama setelah banyaknya usaha yang dilakukan untuk mendapatkan kebaikan dari apa yang kita bangun selama ini.

Leave a Reply