Komposisi Pakan Walet yang Baik dan disukai Walet

Mengetahui seperti apa komposisi pakan walet yang baik supaya memberikan efek bagus kedepannya untuk burung walet yang kita pelihara tentu amat penting diperhatikan, apalagi kalau hal ini menyangkut keberhasilan suatu rumah walet yang baru dibangun, atau mereka yang sangat memperhatikan perkembangan gedung walet dari waktu ke waktu tentu sangat penting untuk memberikan sesuatu yang bermakna bagi burung walet supaya betah di rbw dan selalu memberikan hasil panen berupa sarang dengan kualitas yang baik.

Pada umumnya kita tidak terlalu memperhatikan segala yang menyangkut dengan makanan walet di rbw kita sendiri karena beranggapan bahwa burung walet selalu dapat mencari makan sendiri dengan terbang keluar dari rbw. Padahal hal ini adalah salah satu hal penting yang patut kita perhatikan dan senantiasa pantau untuk memastikan perkembangan rbw dan populasi walet yang kita miliki tidak berkurang, kabur atau pergi pindah ke gedung lain.

Menyambut musim kemarau panjang yang biasanya juga akan mengurangi populasi serangga makanan walet, maka perlu dipikirkan untuk memberikan makanan tambahan untuk burung walet sehingga akan tetap menunjang ketersediaan pakan walet, atau dengan kata lain lokasi disekitar rbw kita tetap tetap tersedia makanan yang amat disukai walet, dan tentunya tidak terlalu menguras kantong karena harga atau biaya pembuatannya yang relatif mahal.

Banyak peternak walet yang sudah melakukan tips pembuatan pakan walet dari dedak atau dari makanan ayam, dan sebagian besar dari mereka mengaku sangat membantu dan memberikan kesan yang baik untuk memenuhi ketersediaan makanan bagi walet di rbw.

Berikut ini tips dan apa saja yang diperlukan untuk membuat makanan walet buatan sendiri.

Alat-bahan:

  • Pur ayam 2 kg
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Ragi makanan 1 bungkus
  • Kolam air / tampungan air
  • Air seperlunya

Cara membuat pakan walet sendiri:

  1. Mencampurkan pur / pakan ayam, susu kental manis, ragi dan air secukupnya pada bak atau tampungan air
  2. Aduk campuran tersebut sehingga membentuk adonan yang cair
  3. Lalu taruh tampungan air berisi adonan tersebut di dalam rbw
  4. Dalam 1 minggu akan terjadi proses penguraian oleh serangga berupa ulat-ulat kecil, nantinya ulat ulat ini akan menjadi serangga terbang

Pada proses penguraian oleh ulat tersebut, kadangkala muncul beberapa kendala misalnya terjadinya adonan yang berjamur sehingga proses gagal dan tidak ada serangga yang berkembang biak. Hal ini dapat dicegah dengan mengatur suhu kelembaban dan menambahkan ragi secukupnya kedalam adonan.

Yang menarik untuk dibaca:

  1. Download suara panggil walet sedot berbagai penjuru
  2. Makanan walet buatan sendiri yang murah dan mudah dibuat

Semakin banyak adonan yang dibuat atau semakin lebar kolam air yang kita sediakan maka akan menghasilkan serangga terbang yang banyak pula. Sehingga akan dapat mencukupi kebutuhan pakan walet khususnya dimasa paceklik atau masa kemarau panjang sehingga populasi walet tidak berkurang dan walet tetap betah menghasilkan sarang seperti yang kita harapkan.

Leave a Reply