Makanan Burung Walet Buatan, Alternatif Pakan Walet Mudah dan Murah

Kebutuhan akan makanan burung walet buatan yang cukup vitamin dan gizi memang perlu dipenuhi setiap hari, apalagi hal ini dapat menunjang keberlangsungan rbw yang kita bangun. Ketika walet sudah mulai berdatangan dan menginap karena suara panggil walet yang kita gunakan ternyata cukup efektif, satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah mencukupi konsumsi walet itu sendiri yakni menyediakan makanan walet dari dedak, ayam, atau makanan buatan lainnya yang akan membuat walet kian betah dalam rbw kita.

Ketika kita sudah menekuni budidaya sarang walet dengan memelihara banyak burung walet maka mau tidak mau keperluan akan makanan ini adalah mutlak, sehingga tahu cara membuat pakan walet yang baik dan penuh gizi tentu menjadi amat penting. Bukan hanya sekedar untuk membuat walet kenyang, namun keperluan akan vitamin dan berbagai segi yang akan menjadikan walet tersebut produktif patut kita pertimbangkan, sehingga dimasa mendatang akan mendatangkan keuntungan yang lebih baik seperti harapan kita.

Makanan tambahan amat penting terutama ketika sudah memasuki musim kemarau dimana ketersediaan makanan alami walet kian terbatas, dalam kondisi seperti ini mau tidak mau pemilik rumah walet harus menyediakan makanan tambahan sehingga walet tetap produktif bahkan kualitas hasil panen yang dihasilkan akan meningkat sehingga pada akhirnya hal ini juga menguntungkan bagi pemilik rbw.

Apa saja makanan yang disukai walet?

Ada banyak jenis menu makan yang disukai walet dan kita dapat mengupayakan sendiri sehingga kebutuhan akan makanan akan terpenuhi. Salah satu makanan yang walet sangat suka adalah serangga bersayap bening, serangga kecil-kecil seperti semut terbang dan mrutu adalah menu makan yang sangat disukai oleh burung walet.

Secara alami mereka terlatih untuk menangkap serangga terbang tersebut mengitari sekitar pintu masuk rbw sampai sekeliling rumah walet. Kita dapat membudidayakan serangga tersebut sehingga dapat memenuhi kebutuhan makanan walet.

Sudah banyak yang melakukan budidaya mrutu sebagai salah satu makanan kesukaan walet.

Membuat ekosistem disekitar gedung walet sehingga mendatangkan serangga kecil yang dapat menjadi makanan burung walet adalah cara paling efektif sehingga kita tidak perlu secara langsung membuat makanan walet namun dengan adanya lingkungan yang sejuk, adanya bermacam tanaman akan mendatangkan serangga terbang yang pada akhirnya akan menjadi makanan walet.

Kalau rbw Anda memiliki kolam didalamnya, ini juga juga dapat dimanfaatkan misalnya kita memelihara tanaman air sehingga akan hidup diatas kolam tersebut. Yang pada akhirnya akan mendatangkan serangga terbang yang menjadi makanan burung walet. Juga akan membuat rbw kian sejuk dan lembab, sehingga walet akan betah dan bersarang sehingga hasil produksi sarang walet juga akan meningkat. Hal ini tentu dapat kita perhitungkan dengan seksama sehingga akan memberikan hasil maksimal juga kebutuhan akan hal lain dalam rbw dapat kita penuhi sehingga semua akan membaik dan memberikan hasil seperti yang kita harapkan.

Ada beberapa hal penting yang tidak boleh kita lupakan yang akan mempengaruhi keberhasilan rbw yang kita bangun, apa saja hal tersebut? Sebelumnya dalam sebuah artikel sudah kita bahas lengkap tentang topik ini. Sebagai contoh adanya rbw yang sepi dan walet hanya keluar masuk, sangat sedikit yang menginap. Kalau kita tahu tipsnya, hal tersebut dapat diatasi dengan cermat, silakan baca disini tentang tips mencegah walet hanya keluar masuk gedung.

Leave a Reply