Rumah Walet Sepi? Begini Cara Cepat Menginapkan Walet di Gedung Baru

Bisnis sarang walet memang menjanjikan keuntungan  yang tidak sedikit, omset dari usaha ini luar biasa besarnya. Tentu saja kalau dikelola dengan benar dan melalui perencanaan yang matang.

Tidak sedikit yang menekuni usaha ini, diantara dari peternak walet tersebut bukanlah pemain kecil. Nilai keuntungan yang mereka dapatkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah, meskipun demikian kebanyakan dari mereka selalu low profil dan tidak suka menampakkan keahliannya.

Saat kita mau memulai usaha ternak burung walet tentu ada beberapa tips sukses sehingga kendala rumah walet sepi atau walet banyak yang kabur tidak akan kita temukan, minimal hal tersebut dapat dikurangi.

Cara cepat menginapkan walet di rumah yang baru dibangun

Mungkin memang sudah banyak yang berbagi trik khusus budidaya burung walet, namun tidak ada salahnya kalau kita kembali mengulas hal ini untuk menjadi tambahan wawasan yang akan membantu Anda dalam memulai usaha sarang walet ini.

Pemilihan lokasi

ini menjadi salah satu hal penting yang harus kita perhatikan. Karena pemilihan lokasi yang tepat harus dilakukan dan itu ibarat pondasi, kalau kita bisa menentukan lokasi yang baik maka akan mempercepat suksesnya rbw yang kita bangun, dan akan mengurangi anggaran untuk hal lain yang sebenarnya dapat diminimalisir.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah, lokasi yang hendak dibangun rumah walet harus memiliki populasi burung walet yang cukup. Makin banyak walet yang berkeliaran di lokasi tersebut makin baik.

Penggunaan suara walet cek lokasi

Sebagian peternak walet menggunakan suara cek lokasi untuk mengetahui populasi walet di wilayah tersebut, juga untuk menarik perhatian walet sehingga mendekat. Namun penggunaan suara cek lokasi walet ini masih diperdebatkan, ada yang mengatakan perlu namun ada juga yang tidak menggunakannya.

Pembangunan rumah walet yang baik

Ketika sudah menemukan lokasi yang tepat, selanjutnya adalah membangun gedung walet atau rumah walet.

Pembangunan rumah walet ini harus memperhatikan banyak hal, antara lain bentuk, ukuran, material yang digunakan dan kondisi rumah walet itu sendiri akan seperti apa nantinya.

Perencanaan yang matang harus diperhatikan disini, sehingga memberikan peluang keberhasilan dimasa mendatang.

Membangun rumah walet dapat menggunakan tembok beton, papan kayu, dan juga dari plat seng. Silakan disesuaikan dengan anggaran dan pilihan yang tepat menurut Anda.

Menjaga suhu dan kelembaban di dalam rumah walet

Ini adalah faktor penting selanjutnya yang patut kita ketahui, dan selalu diusahakan untuk mencapai suhu ideal dana ruangan rumah walet sehingga membuat burung walet nyaman.

Banyak peternak walet yang mengusahakan kelembaban ini dengan membangun kolam di lantai bawah, atau mereka juga ada yang menggunakan mesin kabut untuk rumah walet.

Penggunaan suara panggil dan suara inap walet

Memilih suara panggil walet yang bagus dan suara inap menjadi sangat penting dibahas, dan kalau kita jabarkan akan sangat panjang.

Simak penjelasan lengkap termasuk koleksi suara walet yang dapat Anda download disini

Pada tahapan ini juga penting untuk diperhatikan proses instalasi tweeter walet, kabel-kabel, dan amplifier yang tepat.

Penggunaan aroma pemikat walet atau parfum walet

Setelah semua siap, ada tips lain yang dapat digunakan supaya walet cepat menginap, dan para akhirnya akan mengoles sarang.

Yakni penggunaan aroma pemikat walet, dalam hal ini adalah semacam parfum yang mengandung aroma disukai burung walet. Ini akan membantu mempercepat proses walet bersarang karena merasa betah dalam rumah yang baru mereka huni, pada akhirnya akan menguntungkan bagi kita.

Leave a Reply